Arbey atau Arbei merupakan salah satu buah trpis yang bisa tumbuh di Indonesia, buah ini masuk ke dalam kategori berry-berryan, jadi memang kadang tanaman berry biasanya tumbuh di dataran tinggi dengan suhu dingin.

Namun berbeda dengan buah Arbey satu ini, bisa tumbuh di dataran rendah, kebetulan saya yang tingga di dataran rendah memiliki pohon ini dari hasil stek dari indukannya.

Beberapa buah Arbey yang tumbuh di pot depan rumah

MENANAM DI POT

Tanaman Arbey merupakan tanaman jangka panjang, jadi memang tnaman ini bisa tumbuh menjulang tinggi juga berusia cukup lama, namun jika ingin memiliki tanaman di pot jjuga bisa, tentu dengan kondisi yang sudah berbuah.

Saya sendiri menanam dengan cara stek, yaitu memotong batang kayu dan di tancapkan di pot kecil, disimpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari, hingga bertunas baru bisa di pindahkan ke tempat dengan sinar matahari.

Salah satu tanaman arbey yang ditanam di pot ukuran 17 liter

Mungkin tingginya sekitar 50cm, namun sudah berbuah lebat. Tipsnya adalah selalu memberi pupuk setiap seminggu sekali, pupuk yang digunakan adalah NPK mutiara biru, mungkin sekitar 3 sendok makan untuk seminggu.

Biasanya buahnya lebih lebat dari foto ini, biasalah suka diambil anak-anak jika lewat depan rumah

Jadi kesimpulannya cukup mudah dalam memelihara tanaman arbei ini hingga berbuah, jadi jika ingin melakukan stek, ambillah dari indukan yang sudah berbuah, agar cepat berbuah juga nantinya. Karena didalam pot, penyiraman pun dilakukan setiap hari agar terhindar dari kekeringan hingga mati.