Database adalah ruang penyimpanan sebuah data, dalam pembahasan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat database mysql pada phpmyadmin. Pada prinsipnya database mysql phpmyadmin ini digunakan untuk program C, Visual basic, Java, Delphi dll. Phpmyadmin ini menggunakan browser seperti crhome, mozilla, opera sebagai tempat penginputannya.
1. Hal utama yang perlu di instal adalah menginstal Apache2triad 1.5.4atau menginstal Xampp, kita hanya diperbolehkan menginstal salah satu saja, karena jika menginstal Apachetriad juga Xampp akan terjadi error (duplicated data).
2. Harus memiliki Browser (Mozilla, Crhome, Opera, IE, dll)

b. Silahkan Download Xampp

Cara Membuat database mysql di Phpmyadmin :
1. Jika kamu menginstal Apache2triad maka langsung buka saja browsernya, dan ketik alamat http://localhost/phpmyadmin/  Masukkan username dan passwordnya.
Catatan : ketika menginstal apache dan ada perintah masukkan username dan password, maka isikan  Username=root dan password=password

2. Jika kamu menginstal Xampp maka buka aplikasinya dan klik start pada Apache dan Mysql, lihat gambar dibawah ini :

kemudian buka browser dan ketik alamat http://localhost/phpmyadmin/

3. Pada menu bilah samping pilih New

4. Buat basis data, contoh Penjualan dan klik Buat

5. Represh laman (f5), lihat lagi menu dan cari database Penjualan tadi

6. Klik database Penjualan, dan Buat tabel baru. Misalnya tabel_user dengan jumlah kolom 4 dan klik kirim (catatan: jangan menggunakan spasi, melainkan underline saja atau tanpa spasi)

7. Isikan nama fieldnya, jenisnya dan panjang nilainya dan klik simpan

Catatan :
nama field adalah nama bagian dari tabel
jenis field adalah jenis masukkannya, misalnya varchar hanya digunakan alfabet, double hanya digunakan angka, float untuk desimal, date untuk tanggal, dll.
Panjang nilai adalah batasan maksimal yang diinput/ditampilkan pada field

8. Lihat Penjualan>Tabel_user>struktur. Pilih primarykey(kunci utama) yang mewakili sebuah tabel, misalnya id_user, dan klik OKe

9. Selesai, lakukan hal diatas jika ingin membuat beberapa tabel lagi.